Mengatur kondisi air untuk Ikan Molly
Molly adalah ikan kecil yang ramah yang dapat ditemukan di sebagian besar akuarium toko ikan hias dan sering direkomendasikan untuk penghobi ikan hias pemula meskipun ada banyak ikan hias yang lebih cocok bagi pemula selain ikan molly.

Salah satu alasan bagi saya untuk mengatakan bahwa ikan molly tidak benar-benar cocok untuk pemula adalah kenyataan bahwa ikan molly mudah mengundang penyakit jika mereka tidak diberi kondisi yang tepat.

Contoh dari fakta bahwa ikan molly hitam dapat dengan mudah dipenuhi dengan ich (White spot) merupakan penyakit ikan yang disebabkan oleh parasit, yang telah membuat orang merekomendasikan memelihara molly hitam dan molly lainnya di air payau. Meskipun ikan ini kebanyakan ditemukan di lingkungan air tawar di alam liar. (Parasit yang menyebabkan ich tidak mentolerir garam.)

Untuk mengkondisikan air tawar menjadi air payau kita harus memahami perihal air payau, Air payau adalah campuran antara air tawar dan air laut (air asin). Jika kadar garam yang dikandung dalam satu liter air adalah antara 0,5 sampai 30 gram, maka air ini disebut air payau. Namun jika lebih, disebut air asin. saran saya gunakan 0,5 gram / liter untuk penanggulangan.

Semua ikan molly memilik kerabat Mollienesia, Ada 5 spesies ikan molly yang berbeda di alam liar, seperti molly emas dan molly hitam, molly balon dan jenis lainnya. (Hampir) semua ikan molly yang dijual di akuarium toko-toko ikan hias adalah hibrida (persilangan) antara molly yang berbeda dan bahkan molly yang dijual sebagai spesies tertentu bisa dikatakan selalu hibrida. Jika Anda ingin ikan molly murni Anda harus memperoleh spesimen molly yang ditangkap di alam liar.

Ikan molly berhubungan erat dengan ikan guppy dan dapat dirawat dalam banyak cara yang sama. Di alam liar, masing-masing spesies ditemukan dalam berbagai biotop yang berbeda namun sebagian besar habitatnya menempati lingkungan yang memiliki aliran air yang bergerak lambat dan suhu yang hangat. Kondisi air yang ideal untuk menjaga semua jenis spesies ikan molly sekitar pH 7,5-8,0, 15-30˚dH dan 25-27˚C (77-82˚F). Mereka menerima berbagai variasi kondisi dan suhu air jauh lebih rendah, tetapi mereka tampaknya melakukan yang terbaik dalam kondisi tersebut di atas.

Populasi liar dari molly jarang ditemukan di air payau. Ada daerah di mana ikan molly telah diperkenalkan pada air payau dan bahkan air laut dan bisa berkembang biak.

Ikan Molly sensitif terhadap stres dan tidak bisa dipelihara di akuarium bersama dengan ikan yang agresif atau sangat aktif yang bisa membuat mereka tertekan. Ikan ini cukup nyaman dengan semua jenis ikan lainnya yang hampirsama dengan ikan molly pada umumnya bisa direkomendasikan

untuk pemula. Saya tidak merekomendasikan memelihara molly dengan spesies ikan besar / ikan agresif. Akuarium di mana Anda memelihara ikan molly, secara teori harus berkapasitas setidaknya 90 liter. Tapi saya sendiri menggunakan akuarium kapasitas 75 liter dan masih oke hingga sekarang, serta beri dekorasi untuk mengurangi stres. Ini berarti terdapat daerah yang ditanami vegetasi padat dan juga diberi area terbuka di mana ikan bisa berenang.

Pejantan bisa membuat betina menjadi stres dengan mengejar mereka dan terlalu agresif ketika pejantan mencoba untuk kawin dengan betina, dan karena itu penting bagi betina dapat bersembunyi dari jantan. Vegetasi yang lebat juga meningkatkan kemungkinan burayak bisa selamat dan bertahan dalam tangki penampungan.

Mengganti sekitar 20% air setiap minggu dan mencoba untuk menjaga kualitas air sebaik mungkin.

Hal ini sering direkomendasikan untuk menambahkan garam ke air dalam akuarium yang berisi molly, dan meskipun ini bisa jadi tidak perlukan. Penggaraman akan memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah bahwa garam mengurangi toksisitas nitrat dan nitrit; keuntungan lainnya bahwa banyak penyakit akuarium air tawar dan parasit tidak mentolerir garam dan tidak akan menginfeksi ikan Anda jika ada garam di dalam air.

Jika Anda menggunakan garam laut juga mengandung garam yang meningkatkan kekerasan air dan nilai pH yang mungkin membuat air lebih cocok untuk molly jika Anda tinggal di daerah di mana air sedikit terlalu tawar / asam untuk membuat molly berkembangbiak dengan baik dan memberikan molly lingkungan yang mereka inginkan.


Panduan saat Ikan Molly hamil hingga melahirkan burayak

Tanda pertama dari Ikan Molly yang sedang hamil adalah akan terjadi perut bengkak yang didalamnya terdapat burayak Molly (bayi ikan molly).

Mungkin Anda punya pemikiran lain dan bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang salah atau ... "OH TUNGGU, dia hamil!" Ha Ha. Itu selalu menjadi perasaan yang mengagumkan untuk mengetahui bahwa Ikan Molly Anda cukup sehat, dan seolah-olah memberi tahu anda agar membuat akuarium menjadi tempat tinggal mereka yang nyaman untuk tumbuh kembang anak-anak mereka.

"Jadi saya memiliki beberapa pilihan?"

Saya ingin membuat panduan ini untuk Pemilik Ikan Molly dari aspek yang berbeda yang dapat diterapkan saat ikan Ikan Molly Anda hamil.
Ada beberapa cara yang berbeda yang dapat Anda pilih.

Saya ingin memberikan dua cara dalam situasi ini. Anda dapat memilih untuk tidak peduli pada burayak molly atau Anda dapat memilih untuk menyelamatkan beberapa burayak molly dan melihat mereka tumbuh menjadi dewasa.


Memilih untuk Tidak Peduli pada Burayak Molly

Inilah yang terjadi... Meskipun betina Molly hamil dan akan melahirkan banyak burayak Molly, ikan lain dan bahkan induk Molly sendiri akan memakan anak-anak mereka segera setelah diberi kesempatan untuk melarikan diri. YA itu pikiran mengerikan tapi ini alami. Jadi dengan tidak melakukan apa-apa di akuarium, induk akan melahirkan burayaknya dan setelah itu segera memakannya atau dimakan ikan dewasa lainnya.

Cara yang lebih sulit memberi tanaman atau dekorasi rumit pada akuarium untuk bersembunyi atau petak umpet dengan pemangsa.


tempat sebunyi dan bermain burayak ikan molly sekaligus sebagaitempat bakteri yang bisa merubah nitrat (bio filter).

Cara ini adalah cara pertengahan yang biasanya saya ambil. Saya tidak bisa menjaga semua akuarium dan burayak Molly baru jadi saya biarkan alam memberikan pelajaran untuk menyelamatkan diri.

Saya bersusah payah menghiasi akuarium dengan tumbuhan air dan ini memberikan burayak Molly tingkat keberhasilan hidup yang lebih tinggi karena mereka dapat bersembunyi dari predator. Saya telah buktikan untuk memiliki burayak Molly yang berhasil bertahan hidup dan menjalani hidup yang keras. Ini adalah cara yang bagus untuk menyelamatkan burayak Molly dan tidak membutuhkan terlalu banyak pekerjaan. dan tentunya ada pula tehnik lainnya yang lebih mudah.


"Mari kita Merawat Burayak Molly ini!"

Butuh kesabaran dibalik keinginan untuk menjaga burayak-burayak Molly yang lucu. Ini adalah proses yang super menyenangkan dan cukup mudah pada saat yang sama. Saya ingin memiliki banyak burayak Molly dan terlibat dalam proses yang indah ini. Bagi saya seperti memberi pesan moral yang luar biasa pada anak-anak dan belajar tentang itu. Perkenankan saya memberi panduan singkat bagaimana cara merawat burayak Molly mulai proses akhir kehamilan hingga menjagannya selamat dari kanibalisme.

1. Butuh usaha untuk menghentikan ikan-ikan dewasa memangsa burayak Molly


Moral dari cerita ini adalah mencoba dan menghentikan ikan lain dan ikan molly itu sendiri untuk memakan burayak molly yang baru lahir. Untuk melakukan ini kita amati lebih dekat Ikan Molly betina yang hamil untuk memposisikan tubuh sangant dekat dengan dasar kolam saat menjatuhkan burayak. Bisa dibilang akan ada posisi seperti bentuk "V" di bagian bawah perutnya tepat sebelum bertelur.

dan merupakan kuasa tuhan, burayak yang telah dijatuhkan beberapa detik akan segera melarikan diri dari induknya atau dari ikan lainnya. ini seperti insting alami yang pasti sudah dimiliki oleh burayak molly sebelum mereka dilahirkan.


2. Pilih salah satu, betina yang sudah melahirkan atau burayaknya untuk segera dipindahkan ke tempat lain.

Anda mungkin hanya ingin memindahkan semua betina hamil bersama-sama, tapi sekali lagi .. memindahkannya keluar dari akuarium bisa membuat betina molly terlalu stres.. Ini adalah dua variabel yang butuh dipertimbangkan. Singkat cerita akhirnya, Anda harus memindah burayak molly dari semua ikan lainnya secepat mungkin, segera setelah mereka dilahirkan. Hal yang paling sulit adalah mendapatkan momen saat burayak molly dilahirkan.

burayak ikan molly yang dikumpulkan untuk menghindari kanibalisme ikan molly dewasa lainnya.

3. Merawat Burayak Baru

Bagian yang sulit untuk mendapatkan burayak molly dengan aman telah berakhir. Merawat burayak molly cukup mudah. Pertama pastikan sirkulasi hisap filter akuarium Anda memiliki lobang lebih kecil dari burayak molly atau bahaya menimpa burayak baru Anda. Filter spons bekerja dengan baik! Memberi burayak makan serpihan dengan mash lebih kecil untuk mereka karena mulut mereka masih sangat kecil.

Parameter air semua harus sama dengan tangki akuarium Ikan Molly pada umumnya. Ingatlah untuk memiliki pemanas jika burayak baru Anda berada di tangki yang berbeda. Atur suhu berkisar 25 hingga 27 celcius. Dari sana .. Anda akan perduli pada mereka, katakanlah karena anda merawatnya dari kecil hingga dewasa.. O.. ikan molly tumbuh cukup cepat dan itu menyenangkan melihat burayak molly tumbuh hingga dewasa ha ha...


Pemeberian pakan Ikan Molly dengan nutrisi yang tepat.

Pemilihan pakan yang terbaik untuk Ikan Molly sangat mudah. Ikan Molly dikenal sebagai livebearer dan mereka adalah omnivora (pemakan segala). Meskipun Anda sering melihat ikan ini makan ganggang, alga dan lumut terus-menerus dalam akuarium, tapi mereka juga menyukai makanan lain juga. Jadi semakin banyak alternatif pakan yang bisa disediakan untuk Ikan Molly supaya lebih sehat dan bahagia.

Udang-udangan kecil, jentik nyamuk, kutu air, cacing darah dan hewan renik adalah makanan alternatif yang bagus untuk menambahkan banyak protein untuk diet mereka. 

Lakukan beberapa research pada kualitas pakan untuk Ikan Molly. Pakan akan menjadi dukungan inti sehingga membeli merek yang baik adalah ide yang baik.

Beberapa saran dari teman tentang pakan ikan Molly mungkin bisa membantu, agar memberi makan mereka dalam jumlah kecil tapi dengan hasil yang maksimal. Kuncinya di sini adalah untuk memastikan bahwa ikan Anda bisa makan dan menangani apa yang diberikan kepada mereka sebelum sisanya jatuh ke bawah. Ini adalah masalah besar karena makanan yang tenggelam ke dasar akan menjadi masalah parameter kesehatan air akuarium Anda. Makanan yang membusuk meningkatkan kadar nitrat dan diolah bakteri menjadi amonia yang dikenal sebagai "Pembunuh Ikan".

Pengaturan habitat hidup untuk Ikan Molly


Semua variabel lingkungan bagaimana Ikan Molly hidup perlu dipertimbangkan. Mereka adalah ikan yang cukup kuat dari berbagai faktor lingkungan yang membahayakan hidup kebanyakan ikan, tapi tetap harus dilakukan dengan sangat intensif.

Ini adalah daftar topik yang melibatkan parameter hidup ikan molly.
  • Seberapa besar Aquarium yang dibutuhkan?
  • Seberapa ambang batas Suhu Air yang aman?
  • Berapa banyak kepadatan Ikan Molly dalam satu aquarium Bersama?
  • Jenis Kelamin apa yang harus Beli?

Berapa ukuran minimum akuarium untuk Ikan Molly ? 

Anda akan menemukan banyak informasi akan menyarankan Anda harus memiliki akuarium ukuran 120 liter atau ukuran 80x40x45 cm dan saya akan memberitahu Anda dengan jujur ​​bahwa itu mungkin tidak benar.
Tampaknya orang-orang tidak membaca sumber informasinya dengan baik. Dan sampai sekarang ikan Molly saya benar-benar baik-baik saja dalam akuarium sekecil 18 liter atau 40x20x25cm. 


contoh akuarium ukuran 50x25x30 cm untuk mengumpulkan burayak ikan molly saya.

Saya pribadi akan coba menyarankan Anda setidaknya menggunakan akuarium ukuran 75 liter atau 60x30x40cm itu mungkin ukuran yang sempurna, ukuran kecil tapi ikan molly anda dapat leluasa berenang kesana-kemari.

Berapa Suhu air ideal untuk Ikan Molly ?

Suhu air yang ideal untuk habitat Ikan Molly adalah 25°-27° Celsius.

Untuk mengaturnya kita bisa menggunakan pemanas. Ketika membeli pemanas untuk akuarium, saya menyarankan pemanas dengan kebutuhan daya 5 watt per setiap 3.5 liter air akuarium. Tapi terkadang penjual merek pemanas "murahan" akan mengklaim "pemanas ini untuk akuarium 75 liter" ketika itu benar-benar desain pemanas yang dirancang dengan murah biasanya hanya bisa memenuhi setengah kapasitas yang kita inginkan. 
Pemanas murahan ini sering bermasalah dan mencoba untuk bersaing dengan produk bagus lainnya dengan menjual produk yang kurang bertenaga, jadi hati-hati memilih pemanas.

Jenis Setup Tampilan Akuarium seperti apa ?

Ikan Molly seperti ikan hias pada umumnya yang bisa anda tempatkan pada tangki akuarium sesuka anda. 
Lebih jauh menggenai dekorasi dan persiapan tangki, menurut saya biasanya para pemula hanya khawatir tentang bagaimana Ikan Molly memiliki ruang persembunyian yang cukup untuk ikan yang benar-benar takut dan terganggu.
dan anda akan memastikan bahwa mereka memiliki tempat untuk bersembunyi dan bermain. Selain itu seiring waktu Anda cukup akan terbuka dengan ide menyiapkan gaya habitat sealami mungkin untuk menghindari kebosanan. Ikan Molly adalah tingkat perenang menengah sehingga mereka cukup leluasa meski diberi tempat yang serba minim sekalipun. 

Berapa banyak Ikan Molly dalam satu tangki Akuarium ? 

Jumlah ikan Molly yang bagus untuk anda miliki dalam sebuah tangki akuarium kapasitas 75 liter saya menyarankan 2 hingga 10 ekor Molly saling berpasangan. Kebanyakan pemilik akuarium menemukan ketika menjaga jumlah mereka selalu berpasang-pasangan (5 jantan dan 5 betina) yang mereka lakukan akan melebihi bayangan anda, akuarium anda akan tampak ramai dan menyenangkan. 
Setiap para jantan bertemu seekor betina yang siap dibuahi mereka akan bersaing dan saling menghalangi satu dengan lainnya dengan menggembangkan sirip punggung mereka yang indah. Pejantan akan melakukan kompetisi dengan seru dan super ketat untuk membuahi betina yang siap dan Anda akan memiliki ide-ide yang Anda ingin lakukan dengan ikan ini untuk menggurangi kejenuhan. 
Akan tetapi bila ditujukan untuk pemijahan jumlah yang saya sarankan 2 pejantan dan 5 betina dengan tujuan area hidup lebih luas dan betina tidak terlalu setres.
Reviewed by Nicopriutama86 on 22.59 Rating: 5

Tidak ada komentar