Cara Budidaya Ikan Hias Manfish

Cara Budidaya Ikan Hias Manfish



Cara Budidaya Ikan Hias Manfish ; Nampaknya penghobi ikan hias di indonesia tidak pernah surut. Sehingga memiliki potensi bisnis ikan hias masih sangat terbuka lebar. Salah satu jenis ikan hias air tawar yang rumayan sedang ngetren pada saat ini adalah ikan manfish atau yang biasa di sebut Angel Fish. Ikan manfis merupakan ikan asli dari perairan Amazon sama halnya dengan ikan discus ikan ini juga sedang sangat populer karena memiliki bentuk serta perpduan warnanya yang unik.
Untuk harga ikan manfish sendiri dipasaran pada saat ini masih relative stabil jika dibanding dengan jenis ikan hias air tawar lainya. Dari data pasar tersebut membuktikan bahwa melakukan bisnis di sektor budidaya ikan hias jenis manfish pastina akan sangat menguntungkan apalagi kalau kita sudah memiliki pasar. Untuk memulai kegiatan budidaya jenis ikan hias manfish ini juga tidak memerlukan lahan yang terlalu luas, Budidaya Ikan Manfish bahkan dapat menggunakan aquarium.
Agar sukses dalam memulai budidaya ikan manfish ini tentunya kita harus dapat merawat indukan ikan manfis agar mendapatkan hasil optimal. Ikan manfish untuk indukan yang telah berumur tujuh bulan dengan panjang kisaran 7,5 cm. Agar bisa berkembangbiak secara maksimal ikan harus diberi asupan pakan yang mengandung protein tinggi serti jentik nyamuk, cacing sutra, atau Chironomous. Dan untuk kolam indukan ada sebaiknya dikasih obat  Oxytetracycline terlebih daulu dengan penambahan garam secara teratur supaya ikan dapat tahan terhadap serangan penyakit.
Dalam proses awal semua indukan ikan manfish baik yang jantan maupun yang betina agar segera dimasukan pada 1 kolam yang sama. Supaya induk manfish dapat mencari pasanganya masing-masing dan memisah dari klompok itu tandanya ikan manfis sudah siap untuk dipijahkan.
Dapat juga dijodohkan secara langsung, Namun anda harus tau dulu mana ikan yang berkelamin jantan dan mana ikan yang berkelamin betina. Untuk perbedaan manfish jantan dan betina dapat di bedakan melalui ukuran ikan dengan melihat ciri ciri sebagai berikut.
manfish
Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam pemijahan di dalam kolam antara lain menempatkan substrat yang menjadi media tempat bertelur ikan manfish, misalnya potongan pipa PVC, dinding aquarium sebaiknya diberi kertas penghalang atau juga bisa menggunakan plastic agar kolam menjadi terlihat gelap, hal ini karena dalam memijah ikan ini lebih suka ditempat gelap dan Induk manfish akan memijah pada saat malam hari.  Setiap indukan ikan manfish mampu menghasilkan telur antara 500-1000 butir.
Jika sudah bertelur langkah selanjutnya pindah telur yang menempel pada substrat ke kolam penetasan. Khusus kola mini diberi obat anti jamur dan diberi pemanas air (water heater) yang dipasang pada suhu 27-28oC.
Telur manfish akan menetas setelah 2-3 hari, dengan derajat penetasan telur berkisar 70-90%.  Selanjutnya paralon tempat penempelan telur diangkat dan dilakukan perawatan larva hingga berumur ± 2 minggu. Untuk pakan menggunakan nauplii Artemia sp 2x sehari hingga berumur 10 hari selanjutnya bisa diberi cacing Tubifex.
Untuk menghindari penyakit dalam hal budidaya ikan hias yang perlu diperhatikan adalah kualitas air dan jumlah pakan yang diberikan.
Reviewed by Nicopriutama86 on 05.55 Rating: 5

Tidak ada komentar