Budidaya Ikan Sepat

Ruangtani.com – Untuk ikan air tawar biasanya kita dapat dengan mudah ditemui disekitaran tempat kita, bermacam variasi jenis ikan yang dimana dapat untuk dipelihara dan didapatkannya dengan mudah untuk mendapatkan jenis ikan tidak perlu susah-susah pergi ke sungai untuk memancingnya karena sudah banyak pedagang ikan yang menawarkan berbagai jenis ikan tawar.
Mungkin kebanyakan orang belum begitu berminat untuk melakukan pemeliharaan salah satu jenis ikan ini, padahal ikan ini memiliki banyak sekali kegunaan ikan ini adalah jenis ikan sepat. Ikan ini dapat kita budidayakan dengan baik sebagai ikan hias, atau sebagai ikan konsumsi juga.
Dari kegunaan tersebut tergantung dari jenis sepat yang dipelihara, walaupun ikan tersebut bernilai lokal tapi pembudidayaan ikan tersebut dapat kita jadikan untuk peluang bisnis yang sangat menguntungkan sekali, asalkan kita dapat melakukan cara budidaya dan cara berternak yang sesuai dengan ikan jenis ini.
ikan sepat3

Budidaya Ikan Sepat Menambah Nilai Ekonomi

Ikan ini merupakan ikan air tawar yang dimana biasa hidup saling bergerombolan dan dapat ditemui di rawa-rawa, sawah, sungai, danau, dialiran-aliran air yang tenang dan disaluran-saluran irigasi. Ataupun ditempat-tempat yang banyak ditumbuhi tumbuhan air, sehingga dengan mudah dapat menangkapnya.
Dan kita juga dengan mudah mendapatkannya atau mencarinya dipasar-pasar tradisional. Dilihat selintas ikan ini seperti ikan gurami namun bedanya dari ukuranya, untuk penyebaran ikan tersebut pada umumnya yakni disulawesi dan jawa.
Untuk jenis ikan sepat ada beberapa dapt ditemui, ada yang dijadikan sebagai konsumsi makanan, ada juga dijadikan sebagai ikan hias. Untuk jenis ikan ini biasanya yang dijumpai di Indonesia yakni jenis ikan sepat rawa dan sepat siam.
Untuk ikan sepat rawa pada umumnya merupakan ikan yang dikonsumsi namun sepat rawa juga memiliki variasi yang lainnya yang memiliki warna-warna cerah sehingga bisa untuk dijadikan ikan hias. Dan untuk jenis sepat siam ini kebanyakan disukai dikonsumsi karena memiliki protein yang tinggi.
Untuk ikan sepat memiliki ciri-ciri berikut ini : mulutnya sangat kecil, tubuhnya sangat pipih dan bermocong runcing sempit. Untuk ikan sepat rawa ini mempunyai panjang hingga 120 mm, sirip ekor berbelah dangkal, berbintik-bintik dan memiliki warna perak buram kebiruan dan kehijauan serta terdapat bercak hitam dimasing-masing tengah sisi tubuh dan pada pangkal ekor. Untuk ikan siam memiliki warna-warna misalnya sperti putih, kuning atau merah.

Cara Beternak Ikan Sepat

Untuk mendapatkan ikan jenis ini kita dapat memanfaatkan ikan sepat sebagai peluang kita untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis perdagangan atau penjualan ikan jenis ini. Untuk awal memulainya kita dapat dengan beternak atau dengan budidaya ikan tersebut. Partama-tama siapkan dulu sebuah kolam yang menyurupai atau mirip seperti habitat asli ikan tersebut karena denga begitu mudah untuk ikan sepat untuk bertelur. Sebaiknya kolam dibuat tenang tanpa ada aliran airnya.
Kemudian campurkan sepat betina dengan jantan untuk mempermudah untuk proses perkawinan, untuk memilih bibit betina pilihlah yang sudah matang telur, untuk perbandingan yakni 1 : 1 antara sepat yang betina dengan sepat yang jantan. Untuk sebelum melakukan pemijahan sepat jantan akan membuat sarang busa yang akan nantinya dipakai sebagai tempat untuk penyimpanan telur ikan tersebut.
Selanjutnya baiknya meletakkan jerami diatas permukaan kolam untuk dapat melindungi telur yang berada di sarang busa dari terik matahari langsung maupun air hujan, biasanya telur akan mengambang tepat berada dibawah sarang busa tepat dibawah jerami yang mengapung. Setelag bertelur kemudian dipisahkan yang betina dan yang jantan yang akan memelihara telur-telurnya hingga menetas 2-3 hari sejak pembuahan.
Larva telur yang beru menetas belum memerlukan pakan dari luar hingga hari yang ketujuh karena ia akan memakan kuning telurnya. Pakan yang baik untuk ikan ini yaitu plankton atau bisa juga larva-larva serangga.

Cara Pembesaran

Untuk pembesaran ikan sepat dapat dilakukan setelah ikan ini sudah mencapai umur 2 bulan, pada usia tersebut ikan sepat akan lebih mampu untuk dapat melindungi dari hewan bias lainnya.agar mendapatkan hasil yang cukup maksimal ikan diberikan pakan luar seperti tepung daun, dedek, daun singkong, kangkung dan yang lainnya. Karena pakan yang tumbuh didalam kolam bisa terbatas jumlahnya cara ternak dan pembesaran yang baik akan memberikan hasil ikan yang baik juga.
Demikian lah tulisan tentang Budidaya Ikan Sepat  ini semoga dapat membantu dan berguna bagi anda yang ingin menambah penghasilan, sekian dan terima kasih. 
Reviewed by Nicopriutama86 on 05.06 Rating: 5

Tidak ada komentar